Selasa, 02 April 2013

Penerapan Komputasi Modern


Sebelum membahas mengenai penerapan komputasi modern, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan komputasi modern. 

Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah. Kini ilmu komputasi sangat berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang ada dan mengklasifikasikan cabang dari komputasi modern ini.  Cabang dari komputasi modern salah satunya adalah komputasi hijau.

Komputasi  hijau atau dalam istilah bahasa inggris disebut sebagai Green Computing merupakan istilah yang mulai dipakai sejak tahun 1992. Saat itu, U.S. Environmental Protection Agency Energy Star memberikan penghargaan kepada aplikasi teknologi yang berkaitan dengan monitoring efisiensi energy, perubahan iklim, dan beberapa hal lainnya. Istilah komputasi hijau itu sendiri mulai terkenal bersamaan dengan populernya program energy star. 

Menurut saya komputasi hijau tidak hanya mengenai efisiensi energy untuk  produk komputer, bisa dibidang lain seperti penghematan kertas. Dalam bidang bisnis, komputasi hijau dapat diterapkan  dengan membuat web atau blog yang dapat mempromosikan bisnis tersebut ke masyarakat tanpa harus menggunakan kertas brosur ataupun kartu nama. Berikut ini adalah salah satu contoh seorang penggusaha menggunakan web untuk memeperkenalkan produk yang beliau buat.


Rendang Datuk adalah jenis usaha penganan kering yang mencoba merambah dunia online sebagai salah satu layanan bisnisnya. Dijalankannya bisnis online ini didasari pertimbangan banyaknya pelanggan yang berasal dari luar daerah seperti: Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Bali, Palembang, Padang, Pekanbaru, Batam, Makasar, Bontang, dll. Dengan sistem online ini diharapkan pelanggan mendapatkan informasi produk yang akurat dan lebih mudah untuk memesan dan membeli.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar