Senin, 10 Juni 2013

Komunitas Komputasi di Indonesia


Sebelumnya saya telah memposting tentang komputasi. Dari apa itu komputasi, penerapan komputasi modern, dan dibidang apa saja komputasi tersebut diterapkan. Kini saya akan membahs tentang komunitas komputasi. Masyarakat Indonesia sebenarnya sangat tertarik di dalam bidang ini terbukti dengan adanya komunitas untuk komputasi yang bernama Masyarakat Komputasi Indonesia.

Menurut Wikipedia, Masyarakat komputasi Indonesia atau disingkat MKI ini sudah berdiri sejak 30 Agustus 2004. MKI sendiri merupakan sebuah organisasi profesi ilmiah yang memayungi komputasi sains di Indonesia.

MKI dikelola secara murni virtual, maksudnya adalah dikelola tanpa kepengurusan yang tetap sesuai dengan organisasi  di era digital. Tujuannya agar tidak salaing merepotkan sesame anggota atau kata lainnya adalah bagi-bagi tugas.


MKI sendiri rutin mengadakan workshop, yaitu Workshop on Computational Science dan Workshop on Nonlinear Phenomena. Workshop on Computational Science adalah pertemuan ilmiah di bidang komputasi sains, yaitu teknik-teknik komputasi dan pendukungnya untuk menyelesaikan aneka masalah komputasi, sedangkan dan Workshop on Nonlinear Phenomena adalah pertemuan ilmiah tahunan di bidang fenomena nonlinier di semua cabang ilmu.

Saya juga menemukan sebuah web yang membahas tentang komputasi bernama PoleDozen. Web tersebut merupakan web dari mahasiswa UGM yang membahas mengenai komputasi, dari aplikasi komputasi, penelitian atau ujicoba tentang komputasi baru. Berikut ini adalah linknya

http://computational.engineering.or.id/Halaman_Utama





Tidak ada komentar:

Posting Komentar