Senin, 10 Juni 2013

Parallel Processing di Python


Di dalam pencarian artikel mengenai parallel processing, saya menemukan sebuah artikel yang membahas mengenai parallel prosessing. Artikel tersebut merupakan artikel yang dibuat oleh seorang warga Negara asing bernama Guest pada tanggal 9 Agustus 2010. Saya mencoba untuk mengartikan artikel tersebut untuk tugas sofskill pertemuan kali ini.

Artikel tersebut membahas bagaimana menganalisis data astronomi, dimana tugas tersebut merupakan tugas yang berulang-ulang dilakukan karena perhitungan yang dibuat untuk pertama kali akan mempengaruhi perhitungan selanjutnya. Tidak ada pilihan lain selain menghitung semua data secara berurutan. Perhitungan disini bersifat independen dan memerlukan daya komputasi yang cukup. Penulis ingin membagi cara agar perhitungan tersebut dapat dilakukan di laptop tanpa tahu bagaimana cara mengambil keuntungan dari beberapa core CPU yang tersedia.

Python memiliki banyak dan berbagai pilihan untuk mengaktifkan pemrosesan parallel. Salah satunya adalah PProcess. Hanya mendownload pprocess paket dan meletakkannya di Python Anda maka Anda telah menciptakan pembungkusan dengan argumentasi  yang dapat menelurkan perhitungan simultan seperti yang diinginkan dengan batas pilihan. Tapi hal ini kurang bermanfaat apabila Anda telah menyeting number CPU Anda. 

Berikut adalah contoh script pythonya




Pemrosesan paralel atau biasa disebut parallel processing merupakan penggunaan lebih dari satu CPU untuk mengerjakan hal yang besar dalam pendataanya, memerlukan proses yang cepat dengan waktu yang singkat dan hasil satu dengan yang hasil yang lain saling berkesinambungan. Untuk artikel diatas telah menggambarkan hal tersebut. Dalam perhitungan di bidang astronomi memang membutuhkan kecepatan proses yang tinggi dengan waktu hasil yang cepat. Maka mereka menggunakan beberapa CPU dalam melakukan perhitungannya, namun kini Python telah menghadirkan sebuah modul yang dapat penghitung secara  simultan tanpa harus menyeting number CPU yang tersedia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar