Selasa, 12 April 2011

Contoh Paragraf

1. Contoh Paragraf Deduktif
Pada hakikatnya manusia dilahirkan dengan berpasang-pasangan ada laki-laki dan ada perempuan. Laki-laki adalah makhluk Tuhan yang paling kuat bila dibandingkan dengan perempuan. Sebagi contoh laki-laki mempunyai jiwa dan hati yang kuat oleh sebab itu laki-laki jarang sekali meneteskan air mata dibandingkan dengan perempuan yang mudah meneteskan air mata, karena di dalam jiwanya mempunyai perasaan yang sensitif. Oleh karena itu laki-laki yang ingin mempunyai pasangan seorang wanita maka jagalah sifat wanita itu dan janganlah engkau menyakiti perasaannya.

2. Contoh Paragraf Induktif
Laki-laki dan perempuan sangat berbeda baik fisik maupun sifatnya Laki-laki yang selalu berpikir dengan logika atau dengan otaknya dan perempuan yang selalu berpikir dengan logika yang didukung dengan perasaannya. Laki-laki yang sangat kuat mental perasaannya dan perempuan yang lemah akan perasaanya. Dimana baik laki-laki dan perempuan mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda. Sebab itu Allah menciptakan laki-laki dan perempuan saling berpasangan karena untuk melengkapi kekurangan dan kelebihan yang berbeda.

3. Contoh Paragraf Deduktif-Induktif
Hidup di jaman sekarang sulit kata orang-orang, tetapi itu kata orang-orang pemalas. Dan hidup ini terasa nyaman kata orang-orang sukses atau rajin. Masyarakat di Indonesia di jaman sekarang ini di kenal dengan orang-orang yang mau enaknya aja dan tidak mau kebagian susah. Mangkanya pemerintah kewalahan membuka lapangan kerja disebabkan masyarakatnya yang terlalu memilih pekerjaan yang menurutnya layak untuk dirinya. Pemerintah tidak salah apa-apa tentang lapangan pekerjaan itu salah masyarakatnya sendiri, tapi bagi masyarakat yang rajin dia akan membuka lapangan pekerjaan sendiri hasil usahanya yang dia perjuangkan dan memetik hasilnya setelah dia berjuang keras dalam usahanya. Ini menunjukkan perbedaan pendapat antara orang-orang pemalas dan orang-orang yang rajin atau sukses.

4. Contoh Alinea Penuh kalimat topik
Iwan Fals sukses meraih tiga penghargaan di ajang SCTV Award yang tadi malam berlangsung di Jakarta Convention Center. Dia meraih penghargaan Lagu paling ngetop melalui “Aku bukan pilihan” ciptaan Pongky Jikustik. Dia menyabet penghargaan Album Ngetop Kategori Pop melalui Iwan Fals in Collaboration with…Iwan juga memperoleh penghargaan Video Clip Paling Ngetop garapan Dimas Djayadiningrat. Contoh deduktif : manusia pada dsarnya di lahirkan sama dengan hati yang bersih. Nmaun manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan ada yang baik juga ada yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar