Jumat, 01 April 2011

Menganalisa Web

Tujuan analisa website

Tujuan menganalisa suatu website adalah mengetahui semua peringkat/rangking suatu website dilihat dari tingkat kepopulerannya, sehingga dapat diketahui kekurangan apa yang harus diperbaiki untuk mendapatkan web yang optimal. Selain itu mengetahui prediksi suatu website dalam hal : kisaran harga website ( marketplace) serta berapa kisaran pendapatan yang dihasilkan website tersebut dalam periode tertentu.


Banyak hal yang perlu diperhatika,antara lain :

1. Link Popularity
2. Backlink
3. Meta Tag
4. Pemilihan Keyword yang tepat
5. Ranking Pagerank,Alexa
6. Optimasi HTML
7. Informasi server
8. Data domain
9. Informasi IP address
10. Robot.txt

Dibawah ini merupakan 10 tools terbaik yang biasa gunakan untuk melakukan riset dan mencoba menganalisa halaman-halaman web/blog target, silahkan dicoba aja dulu:

Pageboss mampu menganalisa halaman blog dengan lengkap dan sukup mendetail, kita bisa melihat beberapa informasi penting diantaranya site ranking dan kualitas trafik dari beberapa search engine dan layanan statistik populer lainnya.
http://en.pageboss.com/

Cara kerja Seorush hampir mirip dengan Pageboss, sayang halaman yang ditayangkan tidak begitu detail. tapi lumayan juga sebagai tool pembanding.
http://ww.seorush.com/

Pagesmasher juga memberikan analisa yang sangat lengkap, setiap analisa ditayangkan berdasarkan tab tersendiri. sayangnya beberapa alamat domain kadang ada yang tidak support.
http://www.pagemasher.com/

Bila dicermati, layanan URLMetrix ini sangat berguna sebagai media pembanding, dan apa saja yang perlu kita tingkatkan untuk bisa menyamai keberadaan seperti blog popular lainnya.
http://www.urlmetrix.com/

layanan Page Speed Test ini mampu memberikan informasi lengkap dalam mengalisa setiap ukuran image yang kita gunakan pada halaman web.
http://tools.pingdom.com/

Jangan bangga dulu dengan tampilan desain template kita saat ini, sebagus apapun kalau cuman bagusnya di firefox doank kan percuma hehehe. jadi selalu gunakan layanan Browsershots sebagai tools pembanding apakah tampilan blog/site kita sudah tampil sesuai harapan jika ditampilkan menggunakan web browser yang berbeda.
http://browsershots.org/

Tool ini termasuk web page speed report yang akurat, dan ada banyak sekali informasi yang tayangkan. Selain hanya menyampainkan informasi penting pada halaman web yang dianalsis, kita juga diberikan solusi serta pemecahan masalah.
http://www.websiteoptimization.com/services/analyze/

Tools analisis web dan SEO yang terbilang sangat kompleks dimana layanan ini dikemas kedalam satu paket all in one.
http://tester.jonasjohn.de/

Mana ada tools web analisis terbaik selain Google itu sendiri, manfaatkan selalu Google Search untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Gali dan terus gali semua informasi yang anda butuhkan. karena apapun pertanyaan anda semua sudah terjawab di Google. Satu rahasia yang jarang diungkap para master SEO, yaitu Google hack dan basic SEO dari Google itu sendiri. ini bisa anda pelajari pada GHDB (Google Hack Data Base) yang sebenarnya sudah lama sekali dikelompokan kedalam satu database yang dikembangkan oleh Johnny i hack stuff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar