Selasa, 12 April 2011

Alinea

Pengertian Alinea
Bagian dari wacana yang berisi satu gagasan pokok dan dapat diikuti oleh kalimat – kalimat penjelas. Dalam ragam tulis biasanya ditandai dengan kalimat yang menjorok ke dalam atau spasi yang berbeda.

Tujuan Membuat Alinea
1. Memudahkan pemahaman dengan menceraikan suatu tema dari tema yang lain.
2. Memisahkan dan menegaskan perhentian secara wajar dan formal.

Syarat Membentuk Alinea

1. Kesatuan
Sebuah alinea dikatakan mempunyai kesatuan jika seluruh kalimat secara bersama – sama menyatakan satu hal, satu ide pokok, satu topik, satu masalah atau gagasan tunggal. Kepaduan berarti seluruh kalimat dalam alinea itu kompak, saling berkaitan mendukung gagasan tunggal alinea.

2. Koherensi / kepaduan alinea
Kekompakan hubungan antarkalimat. Koherensi diciptakan dengan memperhatikan masalah kebahasaan ( repetisi, kata ganti, kata transisi ), perincian dan urutan isi alinea. Koherensi alinea akan terwujud jika aliran kalimat berjalan mulus dan lancar serta logis. Untuk itu, cara repetisi, jasa kata ganti dan kata sambung, serta frase penghubung dapat dimanfaatkan.

3. Perkembangan alinea
Perincian dari gagasan – gagasan yang membina alinea, seperti kemampuan memperinci gagasan utama secara maksimal ke dalam gagasan – gagasan bawahan dan kemampuan mengurutkan gagasan bawahan secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar